Bandung – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan masyarakat khususnya pasien dan keluarga pasien tentang penyakit paru, RS Paru Rotinsulu mengadakan penyuluhan kesehatan. Tema yang diangkat pada penyuluhan kali ini adalah Tuberculosis (TB) Paru. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang tunggu pendaftaran poliklinik RSPR, dengan narasumber dr. Fajar Jaka Pratama.

Tuberculosis Paru sendiri merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan oleh Microbacterium Tuberculosa. Kuman TB biasanya menyebar lewat udara, yaitu melalui droplet dari batuk dan bersin yang dikeluarkan oleh penderita TB. Ada banyak kategori individu yang beresiko tinggi untuk tertular TB, salah satunya adalah anak di bawah usia 15 tahun, dikarenakan daya tubuh pada anak belum sempurna.

Menurut data World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan penyumbang TB terbesar ke – 4 di dunia, dengan jumlah penderita TB baru mencapai 583.000 orang / tahun. Dengan diadakannya penyuluhan tersebut, pasien serta keluarga yang berobat ke RS Paru Rotinsulu diharapkan dapat memahami gejala, metode pengobatan serta cara mencegah penularan TB.