Oleh : drg. Rayna Ayu Tiara Anggiana, MM  

 

Saat seorang pasien dirawat di rumah sakit, seringkali ia dan pendamping pasien lupa untuk membersihkan gigi dan mulut, dikarenakan fokus pada kondisi pasien yang lemah, tidak mampu ke kamar mandi.

Akibatnya, muncul masalah-masalah gigi dan mulut yang menambah ketidaknyamanan pasien. Masalah-masalah tersebut antara lain:

  1. Sakit Gigi
  2. Gusi bengkak
  3. Sakit dan Masalah lainnya pada jaringan lunak rongga mulut

 

Sakit Gigi

Umumnya pasien sudah memiliki lubang pada giginya sebelum dirawat di rumah sakit. Lubang tersebut kemudian semakin membesar, diperparah oleh kondisi pasien yang lemah saat di rumah sakit dan sulit membersihkan mulut. Akibatnya syaraf gigi yang disebut pulpa, terbuka dan terinfeksi oleh bakteri rongga mulut, sehingga menimbulkan sakit.

Selain itu, saat sakit, pasien sering merasa malas makan dan minum sehingga terjadi malnutrisi yang menyebabkan kerusakan gigi.

 

Gusi Bengkak

Bisa jadi saat pasien masuk rumah sakit, syaraf giginya sudah mati. Namun, infeksi bakteri terus masuk melalui saluran akar gigi menuju tulang rahang dan menghasilkan nanah dan gas. Ketika nanah dan gas semakin banyak, timbul bengkak pada gusi bahkan sampai dapat terlihat bengkak pada area wajah pasien. Pada kasus seperti ini, biasanya pasien juga mengeluh sakit gigi.

 

Sakit dan Masalah lainnya pada Jaringan Lunak Rongga Mulut

Penyakit yang diderita pasien, sering terjadi juga pada pasien dengan daya tahan tubuh yang menurun atau pasien yang mengalami efek samping obat kemoterapi, kurangnya nutrisi saat sakit seringkali menimbulkan masalah yang umum di dalam rongga mulut pasien, antara lain:

  1. Bibir kering dan pecah
  2. Sariawan (bisa terjadi karena trauma misal oleh pinggiran lubang atau sisa akar gigi yang tajam)
  3. Infeksi Jamur (berupa plak putih biasanya di lidah, bila kerok ada kemerahan dan sakit di jaringan lidah)

 

 

Pencegahan dan Perawatan

  1. DHE (Dental Health Education), perbanyak pengetahuan kesehatan gigi
  2. Pemeriksaan berkala
  3. Perawatan jaringan periodontal
    (Scaling/ Pembersihan karang gigi)
  4. Penambalan Karies
  5. Perawatan Saluran akar untuk saraf gigi yang terbuka, terinfeksi, baik vital maupun mati
  6. Pencabutan gigi

 

Cara Merawat Gigi Pasien Rawat Inap

Jika pasien bisa berjalan, menggosok gigi seperti biasa dilakukan di kamar mandi, minimal 2x setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Minimalnya berkumur atau minum air putih jika setelah makan.

Jika pasien tidak bisa berjalan,bisa dilakukan di tempat tidur dengan menggunakan gelas kumur dan bengkok atau ember kecil untuk menampung air bekas kumurnya. Minimal dilakukan 2 x sehari setelah makan dan sebelum tidur malam.

Jika pasien tidak bisa melakukan sendiri atau pasien ICU bisa dilakukan pemeliharaan kebersihan giginya oleh keluarga yang menunggu, dengan cara dibersihkan dengan kasa dan air hangat diulas ke rongga mulutnya, bisa dilakukan sehari 3x.

Jika pasien dengan rongga mulut terdapat jamur, dokter akan meresepkan obat anti jamur, bisa dilakukan pembersihannya dengan mengulas kasa dan Nacl ke seluruh rongga mulutnya 3 x sehari sebelum diteteskan obat antijamur.

Oleskan petroleum jelly pada bibir pecah-pecah.Minta dokter meresepkan obat untuk sariawan. Bila diperlukan dokter gigi akan meresepkan obat kumur khusus untuk menurunkan jumlah plak bakteri di rongga mulut.