Hari Cuci Tangan Sedunia, Jangan Asal Cuci Tangan!

Banyak masyarakat yang belum mengetahui akan pentingnya kebiasaan cuci tangan. Kecenderungan masyarakat saat ini masih menganggap cuci tangan sebagai kegiatan sepele bahkan cenderung dikesampingkan. Sehingga banyak yang belum mengetahui langkah cuci tangan yang baik dan benar.

Mencuci tangan merupakan tindakan sanitasi yang bertujuan untuk membersihkan tangan dengan menggunakan air dan sabun agar terhindar dari penyebaran kuman di tangan. Kebiasaan mencuci tangan sebaiknya diajarkan kepada anak sejak dini karena anak sangat rentan terkena penyakit, salah satunya diare sebagai salah satu penyakit pembunuh anak nomor 1 di Indonesia. Tanpa kebiasaan mencuci tangan, maka kuman dan bakteri akan mudah sekali berpindah-pindah tanpa kita sadari ke mulut, hidung, dan anggota tubuh lainnya. Kita juga bisa menularkan kuman dan bakteri tersebut kepada keluarga kita dan orang lain melalui sentuhan.

Namun begitu, jangan asal cuci tangan agar kita terhindar dari kuman bakteri. Menurut standar WHO ada 6 langkah cuci tangan yang harus diperhatikan :

1)      Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2)      Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3)      Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

4)      Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

5)      Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6)      Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Selain memperhatikan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar, pastikan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun atau handrub. Momen peringatan hari cuci tangan sedunia yang diperingati setiap 5 Mei hendaknya menjadi pengingat kita semua agar terbiasa hidup sehat dengan cuci tangan. Jadi mulai sekarang ayo biasakan cuci tangan untuk hidup yang lebih baik dan lebih sehat.*** (Tim Humas Rotinsulu)