APA ITU CSSD ???

oleh Asep Duriat, Amd.Kep.

 

CSSD (Central Sterile Supply Departement) adalah instalasi yang melayanni pelayanan sterilisasi dengan fasilitas untuk menerima, mendesinfeksi, membersihkan, mengemas, mensteril, menyimpan dan mendistribusikan alat-alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat yang sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur.

 

Peranan CSSD di Rumah Sakit

Rumah Sakit selain merupakan pusat rujukan medic, juka berpotensi terhadap resiko penularan infeksi yang sering disebut dengan Healthcare Associated Infections (HAIs). Salah satu indikator keberhasilan dalam pelayanan rumah sakit adalah rendahnya angka HAIs ini.

CSSD di satu rumah sakit mencerminkan satu layanan berkualitas yang langka. Bertambahnya jumlah penderita yang mengalami infeksi di rumah sakit (nosocomial infection), telah membuka mata akan pentingnya CSSD.

Jika CSSD tidak ada, maka ada kemungkinan peningkatan terjadinya infeksi nosokomial. Kemungkinan terjadinya infeksi nosokomial yang menyebabkan peningkatan angka kematian, peningkatan angka kematian, peningkatan jangka waktu rawat inap dan pengeluaran dapat diturunkan dengan membangun CSSD yang baik.

Istilah CSSD dapat berbeda di setiap rumah sakit. Dapat disebut Central Service, Central Supply ataupun Theatre Sterilization Unit. Di Indonesia selain CSSD dikenal sebagai Pusat Sterilisasi atau Sterilisasi Sentral. Apapun nama yang melekat, semuanya memiliki tugas yang sama dalam penyediaan barang bersih dan steril di rumah sakit. Semua memiliki unit dekontaminasi, penyiapan, sterilisasi, penyimpanan dan distribusi ke pasien.

 

Fasilitas mesin sterilisasi yang digunakan di Rumah Sakit Paru dr. H.A. Rotinsulu diantaranya adalah :

  1. Mesin Plasma

Mesin plasma adalah mesin sterilisasi menggunakan Hidrogen Peroksida. Keunggulan dari mesin ini adalah mensterilkan alat dengan waktu yang singkat dan dapat mensterilkan instrument-instrumen yang tidak tahan panas. Suhu yang digunakan mesin ini sekitar 55° C - 60° C selama ± 30 menit.

  1. Mesin Steam

Mesin steam adalah mesin sterilisasi menggunakan tekanan uap. Keunggulan dari mesin ini yaitu bisa mensterilkan semua bahan dan alat yang tahan panas (kasa, linen, instrument) dan ramah lingkungan. Suhu yang digunakan mesin ini adalah 121° C - 135°C selama 15-30 Menit.